Home » Artikel » 2022 Wrapped: Ambisi, Ilustrasi, dan Kolaborasi

2022 Wrapped: Ambisi, Ilustrasi, dan Kolaborasi

Tahun 2022. Tepat di tahun ini, berarti perjalanan Life Plan Journal sudah genap 2 tahun. Banyak kisah dan pengalaman baru yang dimulai di tahun ini. Melalui campaign #APlaceToStartSomething, Life Plan Journal mengajak para Sonju—sebutan untuk sahabat-sahabat Life Plan Journal—untuk berani memulai sesuatu.

Mungkin, banyak sekali ide menumpuk di kepalamu. Banyak mimpi dan keinginan yang sejak lama meminta untuk segera diwujudkan. Namun, masalahnya bukan pada “kamu tidak cukup kompeten untuk mewujudkannya”, melainkan pada “kamu terlalu takut dan banyak menunda untuk mulai mewujudkannya”.

Mulai Aja Dulu, Semua Hal Hebat Dimulai dari Langkah Kecil Pertama

Tahun 2021 kami membawa campaign #BeraniTuliskanMimpi. Ya, mimpi yang hanya berada di kepala, hanya sampai di angan-angan saja, tentunya tidak akan terwujud. Maka, tuliskanlah. Tuliskanlah sebanyak apa pun mimpimu, segila apa pun mimpimu. Mengapa? Karena dengan menuliskannya, mimpi itu akan terus kamu lihat dan baca, kemudian masuk ke alam bawah sadarmu dan itu akan mendorongmu untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Namun, tentunya untuk mewujudkan mimpi, kita perlu mulai dari merencanakan bagaimana cara untuk mewujudkannya. Mulai membentuk kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. Di sinilah tantangannya. Mengambil langkah pertama seringkali menjadi sesuatu yang paling sulit dan menegangkan, karena banyak hal yang harus kita lawan: rasa takut, ragu, serta risiko yang menanti di depan mata.

Ambil langkah pertama dalam keyakinanmu. Kamu tidak harus melihat seluruh anak tangga, cukup ambil langkah pertama. – Martin Luther King Jr.

Demi menampik rasa takut itu, alangkah baiknya kita melangkah bersama, beriringan, saling mendukung satu sama lain atau bisa kita definisikan dalam satu kata, yaitu kolaborasi. Maka, di tahun 2022 ini merupakan pengalaman pertama bagi Life Plan Journal berkolaborasi dengan ilustrator, influencer, dan brand stationery.

Melalui Ilustrasi, Kami Memikat Hati

Siapa yang tak suka dengan sesuatu yang indah, artsy, dan amat memanjakan mata? Di tahun 2022 ini, kami menyajikan buku-buku dengan cover yang cantik hasil karya para ilustrator muda Indonesia.

Ini bermula pada bulan Februari 2022, kami mengambil langkah pertama untuk berkolaborasi dengan ilustrator Indonesia dalam membuat cover produk Life Plan Journal Grid Notebook. Pada periode ini, terpilihlah empat ilustrator, yaitu Amalia Fitri, Rizkia Gita, Novalina Raya, dan Ade Retno Anjani. Berkolaborasi mengusung tiga tema penuh makna: Believe in Yourself, You Have a Different Path, dan To Be Better Than Nothing.

Senang sekali, tentu saja. Langkah pertama ini mendapat sambutan hangat dari para Sonju, melalui komentar-komentar di Instagram, pesan WhatsApp, dan Direct Message, hampir seluruhnya memberikan respon positif. Tentunya, ini juga memberikan energi dan semangat baru untuk kami. Terima kasih, Sonju!

Tumbuh, Berproses, Jadi Versi Terbaik Dirimu

Tidak hanya sampai pada Grid Notebook, kami juga kembali berkolaborasi dengan ilustrator Indonesia dalam membuat cover produk Life Plan Journal 2023. Ya, produk Yearly Planner ini merupakan produk best seller dari tahun ke tahun. Antusiasme tinggi dari Sonju yang selalu menunggu-nunggu prapesan produk Yearly Planner ini.

Namun, ilustrator yang berkolaborasi dengan Life Plan Journal pada periode ini berbeda dengan sebelumnya. Kami perkenalkan wajah-wajah baru, ada Katika Ardianti, Jacqueline Emanuella, Jasmine Karan, dan Evieriel N. Primadani. Bersama keempat ilustrator tersebut, Life Plan Journal 2023 mengusung tema You Are Never Too Old To Learn, Be The Best Version of You, dan Create A Better World.

Kalau dikaitkan, ketiga tema tersebut menyampaikan makna dan pesan tersirat di dalamnya. Sebagaimana fungsi dari buku planner adalah untuk membantu hidup kita lebih terorganisasi dengan baik serta menjalani hari-hari lebih produktif, begitu pun harapan kami untuk para Sonju semoga di tahun 2023 bersama buku ini kalian bisa tumbuh dan berproses menjadi pribadi yang lebih baik.

Biarlah, mungkin di tahun 2022 banyak kesalahan yang kita lakukan, banyak kesempatan yang kita lewatkan, banyak ketakutan yang kita rasakan, biarlah. Cukup. Tak apa-apa, campaign #APlaceToStartSomething bisa kita gunakan kembali di tahun depan.

Apa keraguan terbesarmu dalam memulai belajar hal baru? Banyaknya karena gengsi yang dibuat sendiri, bukan? Perasaan seperti, “Ah, aku mah udah ketuaan buat belajar ini.”, “Kayaknya udah telat, deh. Masa udah usia 20-an baru belajar gambar. Malu, ah, sama anak SD.”, atau “Aku gak percaya diri, nih! Karyaku, kan, jelek.”

Seringkali semangat kita dipatahkan oleh pikiran kita sendiri. Iya, kan? Merasa tidak percaya diri, takut diketawain sama orang lain, padahal belum tau bagaimana reaksi mereka sesungguhnya. Kita hanya menduga-duga, lalu memilih  mundur dan tak berani lagi menampakkan muka.

Cover “Not Alone” Life Plan Journal 2023

Melalui ilustrasi di cover buku Life Plan Journal 2023, Kak Tika Ardianti ingin menyampaikan bahwa, kamu enggak terlambat untuk memulai hal baru. Kamu itu enggak sendirian. Kita bisa saling dukung satu sama lain, walaupun kesukaan kita berbeda-beda, atau bahkan kita baru belajar sesuat yang baru. Enggak ada yang salah kalau kamu baru belajar naik sepeda di usia 20 tahun, di saat temanmu sudah ke sana kemari menggunakan mobil. Enggak apa-apa juga kalau kamu baru belajar bahasa Inggris sewaktu kuliah, di saat temanmu sudah cas-cis-cus bicara dengan bule. Hei, tiap orang punya lini masanya masing-masing, kan? Justru kamu hebat karena udah berani memulai, kamu hebat karena udah bisa memutuskan, “Aku mau belajar ini!”, “Aku mau jadi ini!”. Itu bukan hal yang mudah, kan? Pasti ada banyak yang harus kamu korbankan, kan? Makanya, kamu keren!

Cover “Best of Me” Life Plan Journal 2023
Cover “Potato Salad” Life Plan Journal 2023

Setelah kita berani memulai, berani belajar hal baru, tentu kita harus sungguh-sungguh menjalaninya. Di masa depan, kita akan bersaing dengan banyak orang. Kalau sekarang kita tidak sungguh-sungguh, banyak main-mainnya, pastilah akan sulit bersaing nanti. Maka dari itu, di setiap kesempatan, bersungguh-sungguhlah! Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri. Melalui ilustrasinya, Kak Viril menyampaikan, apapun keinginan kalian, kemana pun tujuan kalian, lakukanlah yang terbaik dan teruslah berusaha untuk bisa mencapainya. Ditambahkan oleh Kak Jasmine yang menyisipkan sebuah harapan pada ilustrasinya, semoga dengan buku Life Plan Journal 2023 ini kalian akan menghargai setiap proses yang kalian lalui dalam mencapai impian dan tujuan kalian, baik itu proses yang mudah ataupun sulit.

Cover “Hearth” Life Plan Journal 2023

Setelah kita berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri, tentu goals utamanya adalah bagaimana kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat. Kak Jacqueline, melalui ilustrasinya menyampaikan bahwa kita harus menjadi manusia yang mampu berperan mengubah dunia jadi lebih baik. Tentu saja, tidak perlu menunggu jadi Presiden, tidak perlu menunggu kaya raya dan punya banyak uang, kalian bisa menciptakan dunia yang lebih baik lewat cara yang sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya. Yakinlah bahwa, tidak ada kebaikan sekecil apa pun yang sia-sia.

Berkolaborasi, Jangan Jalan Sendiri-sendiri

Jika ingin berjalan cepat berjalanlah sendirian, jika kamu ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama. -John F. Kennedy.

Mungkin, kutipan tersebut udah enggak asing lagi ya bagi kalian? Soalnya, memang cukup sering dikatakan oleh orang-orang di seminar ataupun di media sosial. Kalau kita sadari, Indonesia ini tidak kekurangan orang kreatif, tapi perkembangannya akan lebih pesat jika dapat saling rangkul atau berkolaborasi, daripada jalan sendiri-sendiri.

Begitu juga dengan berbuat baik, jangan baik sendirian, tapi ajak juga teman-teman kalian kepada kebaikan. Ketika kita ingin membangun habit baik baru, seperti membaca buku. Nah, kalian bisa ajak teman-teman kalian, followers kalian, untuk membaca buku juga. Atau contoh lainnya, ajakan untuk melestarikan lingkungan, bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya atau membawa kantong belanja sendiri ketika pergi ke supermarket. Hal-hal kecil itu, apabila kita kerjakan bersama-sama, maka akan memberikan dampak yang besar. Semakin banyak yang berbuat baik, semakin bagus, kan?

Bagaimana tahun 2022 bagi kalian? Apapun evaluasinya, apapun hasilnya, semoga tahun ini memberikan banyak hikmah dan pelajaran terbaik untuk kehidupan kita. Selamat berjuang untuk tahun 2023. Banyak mimpi-mimpi yang menanti untuk kalian wujudkan, tentunya hal tersebut enggak bisa dicapai kalau kita hanya diam di tempat. Jadi, manfaatkanlah waktu yang kamu miliki, ambil kesempatan yang ada di depan matamu, semua perubahan itu dimulai dari dirimu sendiri. Selamat berproses!

Tinggalkan Balasan