Home » Artikel » Manfaat Menulis Catatan, Biar Kamu Gak Gampang Lupa!

Manfaat Menulis Catatan, Biar Kamu Gak Gampang Lupa!

lifeplanjournal.com — Siapa yang masih suka nulis catatan di buku, angkat tangan?

Tidak dapat dipungkiri, di era digital saat ini menulis catatan di buku mulai ditinggalkan, karena menulis di komputer atau ponsel lebih mudah dan praktis. Bahkan, ada lagi yang lebih mudah, biasanya sering dilakukan sama siswa di sekolah atau mahasiswa di perguruan tinggi. Yap! Difoto. Mudah banget, kan, catatan guru di papan tulis tinggal dijepret aja. Hayooo, Sonju termasuk yang kayak gitu juga enggak, nih? Hehehe.

Beberapa waktu lalu, Minju pernah melakukan survey di Instagram Story, ternyata masih banyak juga, loh, Sonju yang suka nulis catatan di buku. Beberapa dari mereka beranggapan kalau ngetik di komputer atau ponsel, enggak bisa menggantikan serunya bikin catatan di buku dengan cara tulis tangan. Namun, ada juga yang sudah beralih sepenuhnya ke digital, serta ada juga yang menggunakan keduanya: digital dan buku fisik.

Apa pun medianya, intinya tetap sama: mencatat. Kali ini, Minju mau kasih tau Sonju manfaat dari membuat catatan! Dibaca sampai akhir, ya.

Melatih Daya Ingat

Menulis catatan bisa memudahkan kamu untuk mengingat informasi penting. Dengan mencatat informasi penting, kamu tidak perlu mengandalkan ingatan kamu yang mungkin tidak selalu akurat, namanya juga manusia, kadang-kadang suka lupa juga, kan? Hehehe.

Membantu Belajar Lebih Efektif

Dengan membuat catatan, terutama ketika kamu lagi belajar, dapat membantu proses belajarmu jadi lebih efektif. Kamu dapat mengulang-ulang informasi penting dan memperkuat pemahaman kamu. Sehingga ketika membaca materinya kembali untuk belajar buat ujian, kamu tidak akan kesulitan dalam menghafal materinya.

Membantu Mengorganisir Pikiran dan Ide

Pernah, enggak, ngerasa pikiran tuh penuh sama ide, tapi rasanya bingung mau eksekusi yang mana dulu. Nah, dengan membuat catatan bisa membantu kamu mengorganisir pikiran dan ide sehingga kamu dapat memproses informasi dengan lebih baik.

Membantu Mengelola Waktu dengan Baik

Siapa yang kesulitan mengelola waktu? Coba deh, mulai untuk mencatat jadwal dan tugasmu, bisa dibuat to do list, kemudian kamu urutkan sesuai dengan prioritas yang paling penting. Tujuannya, dengan membuat catatan tentang jadwal dan tugas, kamu dapat mengelola waktumu dengan lebih baik dan lebih efisien.

Membantu Mengembangkan Kreativitas

Membuat catatan bisa membantu kamu mengembangkan kreativitas dengan menuliskan ide-ide baru atau gambaran tentang proyek yang sedang kamu kerjakan. Enggak cuma itu, kamu juga bisa berkreasi dengan catatanmu, seperti menghiasnya dengan stiker, bikin lettering pakai  brush pen warna-warni, atau ditambah gambar doodle.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika membuat catatan. Oh, iya, untuk kalian yang butuh inspirasi dalam membuat catatan, Minju juga udah buat videonya di YouTube. Jangan lupa ditonton, ya!

Tinggalkan Balasan