Home » Artikel » Produktif Menulis: Tantangan 30 Hari Menulis

Produktif Menulis: Tantangan 30 Hari Menulis

Lifeplanjournal.com – Perihal menulis, bukan hanya sekadar untaian kata-kata dengan rima yang berirama, tetapi adanya semangat dan cinta yang hidup dalam tulisan tersebut. Mungkin banyak, di antara teman-teman pembaca yang ingin sekali bisa produktif menulis, tapi bingung gimana caranya biar konsisten nulis.

Kali ini, Life Plan Journal mau berbagi beberapa tips untuk membuatmu semangat sampai menyemat tanda titik yang terakhir,

1. Dijadwal

Untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, agar konsisten, buatlah jadwal menulis kamu. Misalnya, aku harus menulis seminggu tiga kali. Disiplinlah terhadap jadwal yang sudah kamu tentukan sendiri. Dan untuk menyiasatinya, menulislah meskipun sedang buntu sekalipun. Otak akan terpacu untuk menemukan kalimat yang tepat yang ingin disampaikan dengan tetap menulis.

2. Berlatih menulis lepas

Tulis sebebas mungkin, yang penting rutin. Idenya bisa kamu dapatkan dari mana saja; mungkin didapat dari kucing peliharaanmu, perilaku menyebalkan kakak laki-lakimu, atau sesederhana melihat burung yang bertengger di atap rumahmu. Cobalah melatih diri untuk menuliskan apapun yang terlihat dan mendeskripsikannya secara rinci, dengan begitu kamu akan terlatih dalam membuat diksi.

3. Menulis buku harian

Kamu bisa memulai menulis dari story telling, ceritakan pengalaman pribadimu atau ceritakan kegiatan apa saja yang kamu lakukan hari ini. Menulis buku harian, bisa melatih skill kamu dalam menulis. Cobalah untuk menuliskan apapun yang ada di kepalamu, seolah-olah sedang berbicara kepada seseorang. Tuangkan seluruhnya dalam buku harianmu.

4. Seimbangkan dengan membaca

Luangkan waktumu untuk membaca, hal ini dapat menjadi faktor pendukung terciptanya motivasi ketika menulis. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru, dari pengetahuan yang sudah kamu dapat, kamu bagikan kembali lewat tulisan yang kamu buat. Selain itu, membaca dapat memperkaya perbendaharaan kata, kamu akan menemukan berbagai kosakata baru ataupun frasa untuk mengungkapkan sesuatu.

5. Tantang diri kamu untuk menulis

Saat menulis, jangan lupa untuk menentukan tujuan. Kamu bisa membuat tantangan 30 hari menulis untuk dirimu sendiri. Misalnya, selama 30 hari penuh, kamu harus menghasilkan 30 karya tulis. Dengan membuat goal dan berkomitmen untuk mengharuskan diri menulis satu hari satu karya tulis, hal ini akan membuat proses menulismu lebih efektif.

Yang terpenting, tumbuhkan kepercayaan dalam diri kamu, konsisten, lama-lama akan terbentuk gaya tulisan. Tidak perlu resah dengan jumlah like, komentar, dan pembaca. Yakinlah, setiap tulisan pasti ada jodoh pembacanya.

“Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala manusia, sedangkan satu tulisan bisa menembus berjuta kepala manusia.” (Sayid Qutb)

Kalau kamu yakin bahwa yang kamu tulis adalah kebaikan, kenapa ragu untuk dibagi?

Selamat berkarya!

1 komentar untuk “Produktif Menulis: Tantangan 30 Hari Menulis”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: