Home » Artikel » Tips Buat Kamu yang Susah Bangun Pagi

Tips Buat Kamu yang Susah Bangun Pagi

Lifeplanjournal.com Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi ku tolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Hehehe.

Sewaktu kecil, mungkin kamu pernah menyanyikan lagu bangun tidur tersebut. Lagunya sederhana, sehabis bangun tidur, langsung mandi dan gosok gigi, setelah itu menolong ibu membersihkan tempat tidur. Hal tersebut merupakan contoh kebiasaan baik yang dilakukan setiap pagi. Namun, bagi sebagian orang ada saja yang mengalami susah bangun tidur di pagi hari. Padahal, sudah pasang banyak alarm, tapi tetap susah bangun. Alih-alih membantu ibu membersihkan tempat tidur, malah keburu panik karena telat ke kampus. Ada yang pernah mengalami?

Beraktivitas hingga larut malam mungkin membuat kamu susah bangun pagi karena masih merasa lelah dan kurang istirahat. Namun, ketahuilah bahwa bangun kesiangan atau tidur lagi sehabis subuh, itu merupakan kebiasaan buruk. Kali ini, Life Plan Journal akan berbagi tips buat kamu yang susah bangun pagi.

1. Miliki Tekad Kuat untuk Bangun Pagi

Agar bangun pagi tidah sulit, coba tanamkan tekad kuat dalam diri kamu: “Kenapa saya harus bangun pagi?”. Apakah harus pergi ke sekolah? Kerja? Olahraga? Ada janji sama orang? Atau berbagai alasan lainnya.

Sobat Life Plan Journal, tekad kuat itu ibarat alarm alami. Jika memiliki tekad yang kuat untuk bangun pagi, ditambah sudah menjadi habit setiap hari, pastilah bangun pagi bukan merupakan hal yang sulit lagi.

2. Jangan Sentuh Tombol Snooze Alarm

Kamu disarankan untuk menyimpan alarm jauh dari tempat tidur, karena ketika alarm berbunyi, kamu jadi terpaksa harus bangun dan berjalan mematikannya. Kamu juga bisa minta bantuan keluarga atau teman untuk membangunkanmu hingga kamu benar-benar terbangun. Yuk, mulai sekarang belajar untuk bangun tepat ketika alarm berbunyi. Alarm-nya jangan dimatiin lagi, ya!

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga akan meningkatkan level adenosine, hormon dalam otak yang mengawasi kadar keletihan manusia. Ini akan membantu kamu tidur sekaligus memperbaiki kualitasnya. Sehingga, kamu akan lebih mudah bangun pagi. Selain itu, tentunya olahraga juga menyehatkan. Nah, jadi sehabis subuh lebih baik olahraga bukannya tidur lagi, Sob!

4. Kenali Jam Tubuh Sendiri

Jika jadwal tidurmu kacau atau tidak konsisten, selama ini kamu mungkin kesulitan tidur secara alami. Untuk bisa mengatasi susah bangun tidur, kamu harus bisa tidur dengan mudah. Caranya, tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya.

Misalnya, jika kamu harus bangun pukul 5 pagi, maka usahakan untuk tidur pukul 9 atau 10 malam. Lakukanlah hal ini secara konsisten, setiap hari bahkan pada akhir pekan, selama beberapa minggu akan terbentuk habit.

 

Fitur Habit Tracker di buku planner Life Plan Journal

5. Gunakan Habit Tracker

Bangun pagi merupakan kebiasaan baik yang harus kamu bentuk. Namun, tentunya kebiasaan baik tidak akan terbentuk begitu saja, untuk membentuk kebiasaan baik kamu perlu latihan.

Caranya adalah dengan menggunakan habit tracker. Buka halaman habit tracker pada buku planner Life Plan Journal milik kamu, kemudian tuliskan Bangun Pagi sebagai habit baru yang akan kamu bentuk. Lakukan rutin selama 30 hari, dijamin deh, setelah itu tanpa perlu alarm pun tubuh kamu akan bangun sendiri di pagi hari. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya telat beraktivitas karena bangun kesiangan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan