Home » Artikel » To Do List: Solusi Produktif Buat Kamu yang Mageran dan Susah Fokus!

To Do List: Solusi Produktif Buat Kamu yang Mageran dan Susah Fokus!

Lifeplanjournal.com – Pernah ngalamin jadwal padat seharian tapi jadi berantakan karena tidak bisa memanajemen waktu dengan baik? Kamu wajib banget pakai to do list buat atur kegiatan sehari-hari sebelum stres semakin menjadi-jadi!

APA ITU TO DO LIST?

To do list merupakan daftar perencanaan kegiatan atau tugas yang harus kamu lakukan pada rentang waktu tertentu, biasanya rentang waktu harian. Apakah to do list penting? Penting banget, Sob! Sesuatu yang besar harus dimulai dengan sesuatu yang kecil. Begitu pula dengan kebiasaan, membiasakan hal-hal kecil—yang mungkin terlihat sepele—akan sangat  berdampak pada kehidupan kamu jika kamu melakukannya dengan baik. Salah satu contoh kebiasaan kecil ini adalah membuat to do list. Dengan to do list, kamu belajar untuk menuliskan apa saja yang akan kamu lakukan pada hari itu, kamu belajar untuk memanajemen waktumu sendiri. Kalau waktumu ter-manage dengan baik, kamu akan tumbuh menjadi manusia yang menghargai waktu.

CARA KERJA TO DO LIST

1. Membagi dan Mengurutkan Pekerjaan

To do list bekerja untuk membantu kamu berpikir secara bertahap sesuai urutan yang sudah dibuat. Hal yang rumit, akan lebih mudah dikerjakan jika kamu membagi kerumitan tersebut menjadi beberapa hal yang lebih sederhana dan meprosesnya secara bertahap. Dengan pengurutan dan pembagian ini, maka otak mampu mengerjakan tugas yang banyak dan rumit tadi secara bertahap, tetapi tetap berada di jalur yang benar sesuai tujuan.

2. Membantu Mengingat

Manusia memiliki kemampuan mengingat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ketika sedang fokus dengan suatu pekerjaan, bisa jadi kamu lupa dengan pekerjaan selanjutnya yang mungkin tidak kalah pentingnya. Dengan mencatat pekerjaan tersebut dalam bentuk to do list, maka kamu tidak perlu khawatir hal ini terjadi dan tentu saja pekerjaan otak kamu juga terbantu, terutama terkait fungsi mengingat.

3. Fokus pada Suatu Pekerjaan

Dengan membuat to do list, dapat terlihat mana pekerjaan yang sudah dan belum dilakukan. Dengan begitu, kamu memiliki checkpoint yang jelas untuk kembali fokus mengerjakan pekerjaan tersebut.

CARA MEMBUAT TO DO LIST

  • Buatlah to do list semalam sebelumnya atau pada pagi hari sebelum menjalani hari
  • Urutkan pekerjaan berdasarkan prioritas
  • Berikan penjelasan yang rinci pada setiap tugas
  • Tulislah pekerjaan yang pasti dikerjakan
  • Perkirakan waktu penyelesaian tugas
  • Gunakan kalimat perintah

Nah, gimana nih Sobat Life Plan Journal? Udah mantep banget kan pake to do list kayak gini? Yuk, langsung aja praktekkin langsung, ya! Selamat produktif!

Tinggalkan Balasan